Minggu, 09 Juni 2013

Rukun Islam

Rukun islam merupakan syarat seseorang masuk islam agar bisa menjadi seorang muslim . Jumlah rukun islam ada 5 yaitu

1. Syahadat merupakan gerbang menuju islam , karena bila orang islam tidak melakukan syahadat maka orang tersebut belum dinyatakan islam dan amal apapun tidak akan diterima oleh Allah swt.

2. Sholat yaitu ibadah sehari hari yang harus dilakukan oleh seorang muslim .Apa bila ibadah ini tidak dilakukan maka seorang muslim akan mendapat sebuah dosa yang besar.Sholat dilakukan sehari 5 kali ,yaitu pada Isya ,shubuh , dzuhur , ashar , dan magribh.

3 . Zakat merupakan amalan yang dilakukan dengan cara menyisihkan sebagian harta untuk membersihkan harta yang dimiliki seorang muslim .Ada dua jenis Zakat yaitu zakat Mal ( Harta ) dan Zakat Fitrah ( Zakat wajib yang dikeluarkan pada saat sebelum idul fitri bagi yang telah mencapai nisab / mampu. )

4. Puasa yaitu menahan diri dari hal yang bisa membatalkan puasa,seperti makan , minum , marah , mencuri , dll dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

5. Haji yaitu mengunjungi Baitullah di Arab bagi orang yang mampu minimal satu kali seumur hidup .Waktu haji dilakukan pada bulan dzulhijah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar